Seandainya…

image

Satu hal yang sulit atau mungkin mustahil dilakukan oleh seorang pemimpin adalah melihat dirinya sendiri sedang memimpin. Namun jika seandainya Anda suatu hari diberikan kemampuan untuk melihat diri Anda sedang memimpin, apakah Anda akan bangga dan puas dengan apa yang Anda lakukan? Atau justru Anda menjadi malu dan merasa belum menjadi seorang pemimpin yang diharapkan oleh orang-orang yang Anda pimpin? Maksud saya adalah apakah Anda telah memiliki sikap dan perilaku positif yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin yang berkualitas, sehingga Anda bersedia untuk dipimpin oleh diri Anda sendiri? Apakah Anda telah dengan sengaja mengembangkan diri Anda sendiri untuk menjadi versi terbaik dari diri Anda?

Di bawah ini adalah beberapa perilaku yang akan sangat baik jika dimiliki oleh seorang pemimpin:

1. Memberikan nilai tambah bagi yang dipimpinnya. “If your actions inspire others to dream more, learn more, do more and become more, you are a leader,” kata John Quincy Adams.

2. Memberikan contoh dan teladan yang baik. Seperti dikatakan Ray Kroc, “The quality of a leader is reflected in the standards they set for themselves.”

3. Memberikan telinga dan waktu bagi anggota timnya dan membantu mereka menyelesaikan masalah. “Leadership is solving problems. The day soldiers stop bringing you their problems is the day you have stopped leading them. They have either lost confidence that you can help or concluded you do not care. Either case is a failure of leadership,” menurut Colin Powell.

4. Menumbuhkan kepercayaan diri kepada para anggotanya. Sam Walton mengatakan, “Outstanding leaders go out of their way to boost the self-esteem of their personnel. If people believe in themselves, it’s amazing what they can accomplish.”

5. Memberikan visi, mimpi dan tujuan yang memberikan pengharapan kepada tim yang dipimpinnya. “Where there is no vision, there is no hope,” kata George Washington Carver.

Apakah Anda ingin menambahkan nilai pada perilaku kepemimpinan Anda? Menerapkan 6 perilaku kepemimpinan praktis yang akan memaksimalkan kepemimpinan Anda? Ikutilah pelatihan ini “Leadership: Action Speaks!”

by Antakirana | Coach & Motivator

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s