Be, Do, and Have

image

Hampir semua orang memimpikan kehidupan yang didalamnya penuh dengan kenikmatan, kebahagiaan, sukacita, serba berkecukupan, kedamaian dan segala hal-hal baik lainnya. Ya, manusia selalu penuh dengan pengharapan bahwa mereka ingin memiliki (HAVE) banyak hal menggembirakan dalam hidup ini. Namun, hanya sedikit dari mereka yang benar-benar melakukan (DO) sesuatu untuk mendapatkannya. Mengapa? Karena mereka tidak pernah menjadi (BE) pribadi yang ‘layak’ atau pantas untuk memperolehnya.

Perjalanan untuk mendapatkan yang Anda inginkan dalam kehidupan adalah: HAVE = BE × DO.

1. BE (Menjadi)
Hal terbaik dan yang paling benar yang pernah Anda lakukan dalam hidup Anda adalah tatkala Anda memutuskan untuk mengembangkan diri Anda sendiri terlebih dahulu. Saya teringat sebuah pesan yang disampaikan oleh pramugari pesawat sesaat sebelum take off. Ia berkata, “Pakailah masker oksigen Anda terlebih dahulu, sebelum menolong yang lain.” Ya, Anda harus menjadi yang pertama berubah. Milikilah sikap dan karakter yang dibutuhkan terlebih dahulu sebelum mendapatkan apa yang Anda impikan. Jadilah tekun, rajin, sabar, positif, penuh kasih, dsb. Jadi, langkah pertama adalah: BE the best of you!

2. DO (Melakukan)
Yang membedakan antara orang yang berhasil dan yang belum, salah satunya adalah: tindakan. Tindakan yang Anda lakukan akan membuat perbedaan antara  orang yang ‘hanya mempunyai ide’ dengan mereka yang ‘mengimplementasikannya’; antara seseorang yang ‘memiliki mimpi’ dengan ia yang ‘mewujudkan mimpinya.’ Tindakan selalu berbicara lebih keras daripada kata-kata. Anda mulai melatih keterampilan menjual dan negosiasi, melakukan survei pasar, merekrut beberapa pegawai, mendaftarkan diri mengikuti pelatihan, dan lain-lain. Intinya, setelah Anda menjadi (BE) pribadi yang matang dan dewasa, jangan lupa, mulailah untuk melakukan segala hal yang diperlukan untuk mengejar cita-cita Anda.

‘BE’ dikalikan dengan ‘DO’ akan menghasilkan ‘HAVE’ dalam keluarga Anda, pekerjaan dan bisnis, organisasi non-profit, pendidikan, dan dalam apa pun yang Anda lakukan. Dengan kesadaran penuh bahwa Anda harus terlebih dahulu berubah dari dalam, kemudian dikalikan dengan tindakan yang massive, maka Anda akan menjadi lebih dekat dengan pencapaian dan prestasi.

Apakah Anda mempunyai pengalaman yang seperti rumus di atas, yaitu mendapatkan sebuah kesuksesan karena Anda bersedia menjadi lebih baik dan melakukan lebih banyak? Bagikan kisah Anda pada kolom komentar di bawah ini.

by Antakirana | Coach & Motivator

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s