The Benefits of Coaching

image

Berfoto bersama Sales leaders of Jones Lang Lasalle, setelah group coaching session di BEJ Jakarta.

Coaching atau bimbingan adalah sebuah cara yang sangat efektif untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan seseorang sehingga dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas. Bimbingan juga dapat mengatasi berbagai masalah  dan tantangan awal sebelum menjadi masalah yang lebih serius. Saat proses bimbingan dimulai, Anda harus menentukan hasil yang Anda inginkan melalui bimbingan dan mengidentifikasi situasi Anda sekarang. Setelah itu, bandingkanlah antara apa tang ingin Anda capai dengan keadaan Anda sekarang. Lalu, muncullah sebuah gap. Disinilah peran pembimbing, yaitu mengisi gap yang ada.

Di bawah ini beberapa keuntungan dari bimbingan (coaching):

1. Memberikan cara pandang yang lain yang menyegarkan dan memberi wawasan baru. Saat Anda mengijinkan orang lain melihat kehidupan Anda dari angle yang berbeda, maka Anda pasti akan mendapatkan perspektif yang baru dalam melihat masalah Anda, kebutuhan Anda, dan bahkan dori Anda sendiri.

2. Menyediakan tools yang tepat dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Seorang pembimbing yang berpengalaman pasti mempunyai tools yang bervariasi dan efektif. Nilai tambah dalam bimbingan adalah bahwa Anda dengan dapat secara langsung mengatasi masalah Anda dengan menggunakan alat bantu yang telah siap untuk digunakan.

3. Meningkatkan keterampilan yang diperlukan dalam waktu yang lebih cepat. Karena bimbingan fokus kepada kebutuhan coachee secara spesifik, maka memberikan kesempatan yang luas bagi coachee untuk melatih keterampilannya hingga mahir. Dengan mendapatkan umpan balik secara langsung dan berkesinambungan, akan membuat proses belajar menjadi lebih bermanfaat.

Apakah Anda mempunyai pengalaman dibimbing oleh seorang coach? Anda boleh menceritakan succes
story
Anda pada kolom komentar di bawah ini.

by Antakirana | Coach & Motivator

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s