3 Kunci Komunikasi

image

Seorang manager menegur bawahannya karena ia terlalu banyak berpikir dan analitis dalam menyelesaikan pekerjaannya. Menurutnya, ia sangat kurang kepercayaan diri dan lama dalam pengambilan keputusan. Namun sebaliknya, sang bawahan bercerita kepada rekan kerjanya bahwa atasannya adalah orang yang sok cepat, sombong, dan tidak mempunyai empati. Apakah Anda dapat membayangkan hubungan kerja seperti apa yang akan terjadi antara atasan dan bawahan tersebut di masa mendatang jika mereka sama-sama tidak saling belajar? Ya, tidak akan efektif.

Manusia mempunyai pola perilaku (behavior styles) yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Setiap tipe perilaku mempunyai kekuatan dan area untuk pengembangan. Sehingga, jangan pernah menjelekkan orang lain hanya karena Anda belum mengenalnya dengan baik. Dan jangan pernah menghakimi orang lain hanya karena ia berbeda dengan Anda. Oleh karena itu, penting bagi pemimpin dan pegawai untuk berusaha:

1. Memahami diri sendiri.
Memahami tipe perilaku diri sendiri adalah langkah awal. Dengan kesadaran diri yang tinggi tentang siapa Anda, bagaimana kecenderungan Anda berkomunikasi, dan hal-hal apa saja yang tidak Anda sukai; akan memampukan Anda untuk meminimalisasi kelemahan dan memaksimalkan kekuatan yang Anda miliki.

2. Memahami orang lain yang berbeda tipe dengan Anda.
Langkah kedua adalah mulai mencoba untuk mengenali tipe perilaku lainnya yang mempunyai karakteristik yang berbeda dengan Anda. Dengan demikian Anda akan mempunyai sudut pandang yang lengkap tentang cara komunikasi orang lain dan mampu memghargai perbedaan-perbedaan yang muncul.

3. Menguasai cara membangun komunikasi yang efektif dengan orang yang berbeda tipe dengan Anda.
Dan yang terakhir adalah penting bagi Anda untuk mulai mempelajari bagaimana cara terbaik untuk berkomunikasi dengan mereka yang berbeda tipe dengan Anda. Dengan demikian, perbedaan perilaku bukanlah menjadi masalah dalam organisasi Anda. Justru akan memperkuat bisnis Anda di setiap lini organisasi.

Program “DISCovering You” – Menemukan siapa Anda sebenarnya, menghargai perbedaan, dan membangun hubungan yang positif.

Durasi: 2 Hari
Jumlah peserta: 20-25 orang
Level: Semua level

Untuk membuat janji bertemu dan penjelasan lebih lanjut tentang program ini: [Hubungi Kami…]

by Antakirana | Coach & Motivator

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s